Senin, 10 April 2017

Perpustakaan Universitas Syiah Kuala: Lebih Dari Sekedar Perpustakaan

    
  Sudah pernah mengunjungi UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) belum? Yuk, langkahkan kaki menuju bangunan putih nan megah tempat kediamannya para buku yang akan menghantarmu ke ambang jendela dimana kamu bisa mengintip dunia dan memecahkan berbagai misteri ilmu dari berbagai seginya itu. Kamu tidak saja akan berhadapan dengan rak-rak tinggi berhuni ratusan ribu eksemplar, di sana juga tersedia berbagai fasilitas dan layanan yang akan mengukir takjub pada kesan pertamamu. Ruangan full AC, hotspot, locker, meja carrel, meja untuk pengguna laptop, ruang baca for girls, ruang baca for boys, ruang baca pasca sarjana, ruang diskusi, ruang seminar, mushalla, kantin, dan Portal Uilis adalah beberapa dari banyak fasilitas dan layanan yang tersedia di perpustakaan kampus Jantong Hate Rakyat Aceh tersebut, yang membuat aktivitas membaca dan belajar menjadi nyaman dan menyenangkan.

  Dahulu, tepatnya sejak tahun 1970 dimana merupakan awal berdirinya pustaka Unsyiah, pusat informasi yang memiliki nama lengkap Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Prof. Dr. H. Abdullah Ali, M. Sc. Universitas Syiah Kuala ini bertempat di gedung Fakultas Ekonomi. Hingga akhirnya, pada tahun 1994 atas mandat rektor Unsyiah, seluruh perpustakaan yang ada di lingkungan Unsyiah disatukan menjadi sebuah perpustakaan besar dengan gedung baru yang dibangun di sebelah Kantor Pusat Administrasi (KPA) Unsyiah. Ibarat sebutir bijih yang ditanam, diberi pupuk, disiram, dan dirawat dengan sepenuh hati hingga tumbuh menjadi sebuah pohon yang kokoh dan rindang, UPT Perpustakaan Unsyiah perlahan-lahan ‘tumbuh’ menjadi pusat informasi yang tersruktur, berbasis teknologi, memiliki pelayanan dengan mutu tinggi, dan berdaya saing di Asia Tenggara. Namanya masyur tidak hanya di kalangan mahasiswa Unsyiah saja, namun juga dikenal hingga ke Universitas lainnya bahkan ke negara-negara tetangga.



   Mengenai koleksi, perpustakaan Unsyiah dapat dikatakan ‘kaya’ akan koleksinya, mulai dari yang bercetak, seperti buku teks, dokumen, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan laporan penelitian, hingga yang berbentuk elektronik, seperti e-book dan e-jurnal. Pemasokan koleksi diadakan setiap tahunnya sesuai kebutuhan. Koleksi juga didapat dari hibahan BPAD (Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah). Jika kamu ingin menghibah buku, juga boleh lho! Kamu dapat menyalurkannya melalui kotak sumbangan buku yang disediakan di ruang lobi pustaka Unsyiah.



    Untuk dapat meminjam buku, kamu harus mendaftar menjadi anggota pustaka terlebih dahulu. Kemudian peminjaman dilakukan dengan menggunakan Mesin Peminjaman Mandiri. Jumlah maksimal buku yang dapat dipinjam adalah tujuh buku dengan jangka waktu peminjaman 14 hari. Untuk pengembaliannya, tersedia meja khusus yang dilengkapi sistem komputer yang akan mendeteksi dan memroses secara otomatis. Beberapa koleksi tidak dapat dipinjam, seperti skripsi, tesis, disertasi, dan laporan penelitian karena bersifat rahasia dan hanya dengan tujuan tertentu saja kamu boleh meninjaunya. Begitu pula jurnal, dokumen, buku referensi, dan majalah yang oleh karena jumlahnya terbatas, kamu hanya dibolehkan membaca atau mengkajinya di ruang koleksi bacaan tersebut.

       Untuk menelusuri e-book dan e-jurnal, dapat diakses melalui Portal Aplikasi Uilis (Unsyiah Integreted Library Information System). Aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan lainnya seperti OPAC (Open Public Access Catalogue), ETD (Electronic Theses and Dissertations), Open Access, e-resources, dan banyak lainnya. OPAC merupakan layanan pencarian buku untuk memudahkan pemustaka menemukan buku yang diinginkan. ETD merupakan kumpulan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk elektronik. Open Access adalah katalog yang berisikan koleksi referensi di seluruh dunia yang berupa jurnal, tesis, disertasi, dan lain-lain. Sedangkan e-resources merupakan kumpulan bahan perpustakaan digital online seperti jurnal, e-book, dan karya-karya referensi online lainnya yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Selain itu, ada juga Uilis Mobile yang dapat membantumu jika ingin memperpanjang waktu pinjaman buku.
       Perpustakaan yang berupa gedung berlantai tiga ini buka mulai pukul 09.00 sampai dengan 18.00 WIB dengan layanan jam tambahan pada malam hari yaitu pukul 19.30 hingga 23.00 WIB. Melihat ketersediaan fasilitas, layanan, banyaknya koleksi dengan berbagai disiplin ilmu, dan telah memiliki pustakawan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan, tidak mengherankan jika pada tanggal 28 Juni 2016 lalu, UPT Perpustakaan Unsyiah menerima sertifikat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia karena telah memenuhi standar nasional perpustakaan.

      Di perpustakaan Unsyiah, ada beberapa program kemahasiswaan, seperi ULF (Unsyiah Library Fiesta) dan Librisyiana. ULF merupakan program yang menghadirkan berbagai event perlombaan kreativitas mahasiswa, seperti lomba blog, fotografi, video kreatif, dan lainnya. Pada tahun 2016 lalu, untuk kali pertamanya, ULF membuka ajang pemilihan Duta Baca Unsyiah yang bertujuan untuk menemukan para inspirator yang dapat 'menumbuhkan' minat baca mahasiswa mahasiswi Unsyiah. Librisyiana merupakan program yang menyajikan segala informasi atau berita terkini mengenai perpustakaan Unsyiah. Program ini juga menerbitkan majalah baik berbentuk cetak maupun online yang dapat kamu akses secara gratis di web pustaka Unsyiah.

       Selain itu, ada hal-hal menarik yang dimiliki perpustakaan yang bergelar ”More Than Just a Library” ini, yang menjadi keunikan tersendiri dan dijamin semakin membuatmu jatuh hati. Beberapa hal menarik dari perpustakaan Unsyiah, yaitu di antaranya:

a. Relax and Easy

       UPT Perpustakaan Unsyiah bukan sekedar gudang buku yang di dalamnya hanya ada aktivitas meminjam, membaca, dan mengembalikan buku saja lho! Kehadiran sebuah program bernama Relax and Easy membuktikan bahwa di sini kita juga dapat berkreasi. Relax and Easy adalah suatu pogram penyaluran kreativitas mahasiswa baik berupa musik akustik, teatrikal, stand up comedy, talkshow, maupun lainnya. Program yang menjadi daya tarik tersendiri dan dinanti-nantikan ini diadakan setiap Rabu siang di Libri Cafe yang terletak di lantai satu Perpustakaan Unsyiah. Libri Cofe sendiri merupakan perpaduan antara kantin, Coffee Cho, dan pentas Relax and Easy yang ditata sedemikian rupa dengan background menarik dan sentuhan modern. Bayangkan, di suatu siang yang panas, kamu menikmati hiburan-hiburan Relax and Easy dengan ditemani suguhan ice Thai Tea. Mmm…Sungguh nikmat, bukan? Program ini tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Unsyiah, mahasiswa dari universitas lain juga dapat berpartisipasi. Yuk, ramaikan!

             


b. Korea Corner dan India Corner

       Di salah satu sudut perpustakaan Unsyiah, terdapat dua corner yang akan mengajakmu berjelajah ke belahan bumi bagian timur dan utara, yakni Korea Corner dan India Corner. Korea Corner merupakan MOU (Memorandum Of Understanding) dari hubungan kerja sama pihak Unsyiah dengan suatu kelembagaan di Korea. Begitu pula India Corner, yang merupakan hasil hubungan kontrak dengan India. Keduanya merupakan ruangan yang menyajikan berbagai literatur dan peranti kebudayaan masing-masing negara. Bagi kamu yang pencinta Korea, Korea Corner adalah tempat yang tepat untuk ‘menggali’ segala hal mengenai negeri gingseng tersebut. Kamu juga dapat mencoba mengenakan Hanbok (pakaian tradisional Korea Selatan) yang telah disediakan. Tentunya gratis, tidak disewakan, dan tidak dipungut biaya apapun. Asyik…! 


Korea Corner

India Corner


c. Library Gift Shop (LGS)

       Di dalam perpustakaan Unsyiah, tepatnya di lantai satu persis di samping tangga, kamu akan mendapati sebuah ruangan penuh pernak-pernik yang menarik perhatian dan membuatmu berdecak kagum ketika mendekat. Adalah Library Gift Shop, sebuah pusat promosi produk-produk kreativitas mahasiswa Unsyiah berupa baju, tas, dompet, aksesoris, dan berbagai macam souvenir lainnya. Awalnya, Library Gift Shop merupakan ajang pelatihan kewirausahaan mahasiswa di dalam forum UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Namun kemudian dikembangkan oleh CCIS (Center For Creative Industry Of Syiah Kuala University) menjadi wadah pempromosian karya kreatif mahasiswa yang ditempatkan di dalam gedung perpustakaan Unsyiah. Di masa yang akan datang, LGS berencana menambahkan bisnis baru, yaitu pengelolaan produk makanan. Wah…! Semakin menarik saja perpustakaan ini, ya!



  
  
d. Frequent Borrower Award

       Bagi kamu yang sering meminjam buku di perpustakaan Unsyiah, siap-siap mendapat kejutan di tiap bulan Januari dan Juli, ya! UPT Perpustakaan Unsyiah ingin memberi apresiasi kepada mereka yang senang meminjam buku. Melalui Frequent Borrower Award, tiga peminjam buku terbanyak dalam tiap periode 6 bulan akan diberi hadiah. Ini tak lain merupakan bentuk penghargaan kepada mereka yang telah memanfaatkan perpustakaan sesuai dengan fungsi dan perannya, yakni melestarikan budaya membaca, sekaligus mendorong dan memotivasi pemustaka untuk terus meminjam buku, membaca, dan menyerap ilmu darinya. Maka dari itu, ayo meminjam buku sebanyak-banyaknya! Tapi jangan lupa dibaca lho, ya!:D

      Nah, dari uraian di atas, UPT Perpustakaan Unsyiah pantas mengantongi gelar "More Than Just a Library", bukan? Bahkan para mahasiswa yang setiap hari mengunjungi perpustakaan Unsyiah bersemboyan, "Pantang pulang sebelum diusir". Pak Taufiq Abdul Gani M.Eng, Sc., selaku pimpinan UPT Perpustakaan Unsyiah pernah bertutur, "Kita ingin ciptakan image bahwa perpustakaan bukanlah tempat yang membosankan". perpustakaan dibangun sedemikian menarik dengan berbagai fasilitas dan layanan demi terciptanya semangat para pemustaka untuk terus berkunjung, belajar, dan berkreasi. Ini juga merupakan suatu upaya meningkatkan minat baca di kalangan pemuda. Karena itu, ayo kunjungi perpustakaan Unsyiah dan jadilah sahabatnya!




Referensi:
http://library.unsyiah.ac.id/struktur/sejarah/
http://uilis.unsyiah.ac.id
http://www.industrialtimes.net/2016/04/upt-perpustakaan-unsyiah-miliki-duta.html
http://library.unsyiah.ac.id/majalah-librisyiana-tersedia-online/
http://library.unsyiah.ac.id/relax-and-easy-kini-sudah-memiliki-panggung/
http://www.unsyiah.ac.id/pengumuman/perpustakaan-unsyiah-sediakan-warkop




Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Unsyiah Library Fiesta 2017 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar